(Kepengen) jadi Bussinesman

Jadi pebisnis muda itu keren.
Usaha sendiri,susah sendiri, capek sendiri, tapi akhirnya dapet duit itu kayaknya pengalaman yang seru. Berikut ini perjalanan gue ngerintis bisnis yang kebanyakan ga beresnya. Cekricrot:

1.Resell baju rajut korea.
Bisnis ini gue mulai pas kelas 1 SMA. Dimulainya secara ngga sengaja. Jadi dulu Dika temen gue lagi nyari baju rajut buat hadiah ultah ceweknya. Trus dia nanya tempat beli gituan ke gue. Kebetulan waktu itu kakak gue lagi buka online shop yang ngejual barang yang sama. Yaudah gue minta katalognya sama kakak gue buat gue kasih ke dia.

Singkat cerita, si Dika jadi beli. Gue sebagai perantara dapet fee ceban dari kakak gue, hehe. Trus pas gue bawa barangnya ke sekolah buat dikasih ke Dika, ada beberapa temen cewek gue yang ngeliat,trus nanya ke gue itu baju apaan. Yaudah gue jelasin sambil ngasih katalognya ke mereka. Ternyata mereka tertarik. Akhirnya salah satu dari mereka mesen (yang lain takut bahannya jelek-_-). Setelah barang nya udah di tangan,ternyata temen gue itu puas dan akhirnya cewek cewek yang lain beli semua, hehe.

Dari situ akhirnya mereka nyebarin ke temen temen mereka soal baju rajut korea yang gue jual. Gue juga ga ngerti sih kenapa ada embel embel korea disana karena baju itu bukan dibikin di Korea dan kayaknya di Korea juga gaada baju kayak gitu tapi yaudahlah gausah dipermasalahkan di bagian itu. Sejak saat itu gue jadi reseller tetap dari OLshop kakak gue. Tapi sayang OL shop kakak gue tutup sebulan berikutnya karena kakak gue sibuk skripsi. Dari situ gue memulai bisnis baru,yaitu..


2.Jualan Banana Split
Ide ini muncul karena sedikitnya penjual takjil di daerah rumah gue. Maka gue berinisiatif buat jualan yang ena ena buat buka puasa. Jualan apa? Awalnya gue kepikiran buat jualan es teh anget, tapi karena udah mainstream akhirnya gue memutuskan buat jualan Banana Split. Apaantuh? Itu loh, pisang bakar yang dikasih eskrim tru ditaburin keju sama meses. Akhirnya bermodalkan pemanggang roti nyokap gue, meja panjang yang gue ambil dari ruang tamu, dan ucapan bismillah, gue memulai bisnis baru ini dengan nama #BananaSplitShelter bareng sama Ivan, temen SMP gue ,di depan rumah gue. Hasilnya? Walaupun ga terlalu rame,tapi lumayan lah. Gue berhenti bisnis ginian di pertengahan bulan puasa karena gue sama Ivan udah mulai sibuk sama urusan sekolah masing masing. Kesuksesan kecil yang gue rasain di sini ngebuat gue pede buat bikin bisnis selanjutnya.


3.Jadi tukang pulsa.
Belajar dari Romi,temen SMP gue, gue akhirnya paham kalo bisnis pulsa itu bisnis yang long lasting, karena yang namanya pulsa bakal terus dibutuhin sama orang. Maka gue pun resmi jadi agen pulsa pada september 2012. Awalnya bisnis ini berjalan lancar. Tapi beberapa waktu kemudian gue menemui masalah klasik para penjual pulsa di sekolah sekolah;diutangin. Beberapa kali gue diutangin dan yang ngutang itu tiba tiba Anemia alias hilang ingatan pas gue tagih. Iya barusan gue ngelawak jadi lo harus ketawa

Haha.
Ehm,oke lanjut.

Diutangin itu adalah salah satu resiko yang kalo lo gabisa nanganin, bisnis lo down. Tapi yang bikin bisnis gue down sebenernya bukan itu,melainkan karena gue memanfaatkan bisnis ini buat deketin cewek.Hft.

Jadi dulu gue naksir cewek. Dia sering beli pulsa ke gue. Dan setiap dia mau bayar,gue selalu bilang "Gausah,anggep aja pulsa nyasar"

Bahkan kalo lagi SMSan atau telponan trus pulsa dia abis, gue langsung berinisiatif buat ngirimin dia pulsa. Besoknya pas dia mau bayar, gue jawab lagi dengan kalimat yang sama "Gausah,anggep aja pulsa nyasar" . Iya cinta itu kadang emang bikin bego.

Pada akhirnya gue sama dia ga jadian. Padahal udah deket banget tapi cuma dianggep tem... Ah syudahlah. Sementara itu bisnis gue udah down karena pemasukkan lebih sedikit daripada pengeluaran. Nasi telah menjadi dubur, semua telah terlanjur. Akhirnya gue resmi lepas jabatan jadi penjual pulsa sekitar bulan November tahun itu.


4.Jualan rendang.

Jadi waktu itu gue bawa bekel nasi sama rendang ke sekolah, trus gue makan bareng pacar gue waktu itu. Trus dia nyobain dan dia bilang enak. Besoknya dia minta gue bawain buat dia. Yaudah itung itung amal kan besoknya gue bawain buat dia. Pas pulang sekolah dia bilang kalo ternyata temen temennya banyak yang suka "Kamu jualan itu aja,ntar aku bantuin jualin di kelas aku"

Denger kayak gitu gue jadi semangat .Besoknya gue langsung beli daging dua kilo buat bikin rendang, trus sampe rumah gue menolak bantuan nyokap gue buat masakin. Sebenernya masak rendang itu ga susah tapi proses ngaduk santan nya itu loh yang bisa bikin bisep sama trisep tuker tempat. Singkat cerita, 3 hari kemudian rendang udah siap dijual. Tapi disaat yang sama gue sama pacar gue waktu itu putus dengan alesan yang cukup kompleks. Walhasil gue ga bisa nitip nasi rendang itu ke dia, dan semangat jualan gue pun turun drastis. Yaudah gue cuma jualan ginian 4 hari buat ngabisin stok 1 kilo rendang, dan hasilnya juga ngga memuaskan.Hft.


5.Jualan V*ro
    Waktu kelas 2,letak kelas gue ada di ujung lantai 4. Letak geografis yang kurang menguntungkan ini ngebuat banyak temen gue jadi males jajan ke kantin karea jalannya jauh banget. Hal ini dimanfaatin sama temen temen gue buat jualan di kelas. Ada Nurul Thaniya yang jualan Tahu anti galau sama Lontong anti jomblo (kebalik ngga sih? Gue lupa), ada Indah Khaerani yang jualan roti beraneka rasa, trus ada yang jualan risol mayones sama kue sus buat danus Rokris, dan lain lain. Gue pun ikutan jualan. Apa yang gue jual? Tidak lain dan tidak bukan adalah air mineral sejuta umat,V*ro!

Iya Viro, lo ga salah nebak kok.

Gue jualan V*ro untuk meredakan kegelisahan temen temen gue yang udah beli makanan makanan di atas trus kekurangan minum, haha. Untungnya lumayan nih. Sayangnya beberapa bulan kemudian gue harus stop jualan ginian karena ada peraturan baru di sekolah yang ngelarang siswanya jualan di kelas. Kalo ada siswa yang mau jualan silahkan titipin ke koperasi sekolah. Wtf-_-


6.Jankloth
    Ini bisnis clothing yang layu sebelum berkembang, haha. Jadi waktu itu gue dan keempat aggota Nastis kepikiran buat bikin bisnis, lalu kita pun memutuskan buat bikin bisnis clothing dengan nama Jankloth. Kami berlima punya posisi masing masing disitu. Gue lupa pembagiannya gimana pokoknya gue jadi PR alias Public Relations yang promosiin kerjaan kita.

Pelanggan pertama kita (atau korban pertama? Entahlah) adalah Amiko, temen sekelas gue.

"Ju gue mau bikin kaos ini,buat ultah temen gue" kata dia sambil nyerahin sketsa baju yang dia pengen.
"Kapan ultahnya?" Tanya gue. Gue perhatiin sketsa nya. Keliatannya gampang sih.
"Bulan depan.Jadinya kapan kira kira ju?"
Gue yang ngeliat sketsanya gampang,dengan pede bilang "Paling lama seminggu"

Pas pulang sekolah gue kasih tuh sket ke temen temen gue. Dan kita langsung ngerjain hari itu juga.
Tapi, seperti yang udah gue pernah gue bilang di beberapa postingan gue sebelumnya, anak anak Nastis itu ga pernah bisa konsisten, termasuk dalam bisnis ini. Produksi kaos Amiko pun tersendat sendat karena pada mager mageran. Akhirnya 2 hari sebelum deadline, gue bilang ke Amiko kalo kaosnya bakal ngaret. Sampe sekarang kaos itu belom jadi, dan dia pun ga pernah nanya progressnya ke gue. Mungkin dia udah paham kalo kaos itu jadi nya nanti pas Insidious tampil di Indosiar.

Walaupun gagal,tapi gue belajar banyak dari sini, mulai dari belajar tentang karakteristik bahan T Shirt, cara nempel vynil ke kaos, teknik desain layout dari kompi ke kaos, dan banyak lagi. Dan gue pengen ngidupin usaha ini lagi someday, karena seru aja kayaknya bisa ngeliat hasil karya kita dipake orang banyak.


Cukup sekian aja deh,panjang banget.Masih ada beberapa bisnis yang belom gue tulis disini. Tapi karena gue cuma bantuin temen temen gue disana (dan gue capek ngetik) makanya ga gue cantumin. Hidup pebisnis muda!

Salam koyo

Comments

Popular Posts