Tentang Selingkuh

Gue rasa, hampir setiap orang di dunia ini pernah bersinggungan dengan yang namanya selingkuh. Baik sebagai korban maupun pelaku. Baik dalam level pacaran atau udah nikah.

Kalo lo diselingkuhin, atau denger cerita temen lo yang diselingkuhin, apa tanggepan lo?

"Emang brengsek sih cowok/cewek yang kayak gitu", "Anjir tega banget" ,atau (yang paling waw), " Bener kan, cowok itu kalo gak bajingan ya homo", adalah kalimat-kalimat yang mungkin umum dilontarkan kalo lo berada dalam situasi diatas.

Kesamaan dari semua kalimat diatas adalah "menghakimi pelaku selingkuh sebagai seseorang yang bersalah dan berusaha membela si korban selingkuh yang tidak bersalah"

Tapi, pernah gak sih kepikiran kenapa seseorang bisa selingkuh?

Seseorang bisa selingkuh karena dua alasan; dia belum bisa memberikan yang terbaik buat pasangannya atau pasangannya belum bisa memberikan yang terbaik buat dia.

"Loh kalo gue diselingkuhin itu berarti salah gue Ju?"

Bisa jadi. Di dalam hubungan itu harus ada take & give yang seimbang. Bukan cuma dalam hal kuantitas namun juga kualitas. Ketika ada ketidakseimbangan take & give tadi, ada celah bagi orang ketiga buat masuk.

Sehingga, gue sepenuhnya percaya kalo kesetiaan itu adalah mutual effort; usaha yang saling mempengaruhi. Kesetiaan, menurut gue, merupakan tanggung jawab bersama, bukan tanggung jawab pribadi.

Lalu gue gak percaya ketika ada orang yang bilang dia selingkuh karena khilaf. Bullshit. Selingkuh itu ada prosesnya, dari mulai niat sampe ke praktiknya. Bahkan harus ada alasan sebelum ada niat buat berselingkuh. So dude, orang berselingkuh itu karena kesadaran penuh, bukan karena ngeliat cewek cakep trus tiba-tiba pengen selingkuh. Enggak.

"Pelaku selingkuh pantes dimaafin gak, Ju?"

Gue pernah beberapa kali menjadi korban perselingkuhan, tapi pernah juga menjadi pelakunya, haha.

Menurut gue, semua peselingkuh pantas dimaafkan. Tapi gak semua peselingkuh layak mendapatkan kesempatan kedua.

If he cheated on you once, the fool is on him. But if he cheated on you twice, the fool is on you.

Ketika ada yang bercerita ke gue soal dia diselingkuhin, gue amat sangat menyarankan untuk tidak memberikan kesempatan kedua. Hubungan yang udah ada kata selingkuhnya adalah hubungan yang udah gak sehat. Sulit buat ngebangun lagi dari nol rasa percaya yang udah hancur. Dan buat apa bersusah payah ngelanjutin hubungan tanpa dasar saling percaya?

Meskipun di awal narasi gue bilang selingkuh bisa jadi salah si korban, namun tetep aja buat gue selingkuh itu jahat. Selingkuh bisa mengubah cara pandang seseorang dalam menghadapi hubungan. Ada yang mengalami trauma untuk memulai hubungan baru, atau sekedar menjadi skeptis dan tidak mudah percaya kepada pasangan. Apapun itu, mereka berubah. Karena selingkuh.

Buat lo yang lagi selingkuh, atau kepikiran mau selingkuh, coba bayangin kalo posisinya dibalik; Lo yang diselingkuhin, atau pasangan lo kepikiran buat selingkuh.

Enak gak?

Selingkuh itu cuma keinginan sesaat. Pada akhirnya, lo akan sadar kalo "yang baru" ternyata tidak lebih baik dari "yang lama" . Hubungan yang baik adalah hubungan yang dimulai dengan tidak merenggut kebahagiaan orang lain.

Dan bagi kalian yang sedang diselingkuhin, atau baru saja diselingkuhin,

Kita semua pantas untuk bahagia dengan tidak melanjutkan hubungan yang sekarat.

Salam koyo.

Comments

Popular Posts