Nasyid Goreng

Kalo ga salah,udah setahun Nastis Gen 3 kebentuk.

Banyak suka tawa dan duka yang udah kita lewatin sama sama selama 1 tahun ini(apacoba?) .Gue mau ngebahas gimana caranya nastis gen 3 ini kebentuk.Kejedot

1.Berawal dari kebosenan ikut marawis,gue dan beberapa temen gue(yang juga anak marawis) akhirnya ngebentuk nasyid.Formasi pertamanya itu Gue,@Arwani_Z , @Nazel11,@bilal_biraru,@yanglokal,@NovanHariyanto8 sama @ardizza .Nama Nastis itu akronim dari Nasyid Tiga satu.Dan berhubung kita itu angkatan ketiga yang punya nasyid,kita tambahin Gen 3 dibelakangnya.Konsep kita dulu masih kayak boyben pada umumnya,cuma pembagian suara.

2.First gig kita itu penutupan pesantren kilat 2013.Bawain lagu Karena Dia nya The Banery sama Balonku versi arab.Gue inget abis manggung itu,setiap gue atau anak nasyid lewat,pasti diledekin "balonku ada limaa..." .Kampret emang.

3.Berhubung si @NovanHariyanto8 udah kelas 12,doi resign dari nastis.Trus si @Ardizza berubah haluan jadi manager.Kita berlima plus manajer tadi lanjut ngebangun grup ini.

4.Pas kita lagi ngumpul ngumpul,si @yanglokal ngasih unjuk video yang bisa dijadiin rujukkan konsep nasyid.Itu videonya Mike Tompkins,yang selanjutnya jadi inspirasi utama kita.Akhirnya kita setuju buat ngelanjutin grup ini pake konsep baru ;Acapella!

5.Dari konsep tadi,gue nulis lagu "Dibalik Kesendirian" yang base nya dari lagu Teenage Dream nya Katty Perry.Kenapa kita cuma ngegubah lagu orang dan ga bikin lagu sendiri? Biar pesan yang kita kirim gampang nyampe ke pendengar,selain emang bikin lagu acapella itu susah sih.

6.Setlist andelan kita itu "Checksound",Sholawat Remix,sama Dibalik kesendirian.Setlist itu kita bawain pertama kali di acara maulid di 31.Hasil dari manggung itu adalah boomingnya lagu checksound,yang kalimatnya cuma "sekarang kita ceksooon.." sama ketampanan kita berlima yang dibicarakan dimana mana (apacoba)

7.Kita iseng iseng ngerekam setlist tadi,masukin ke soundcloud.Alhamdulillah,responnya lumayan keren.Lumayan banyak yang ngeplayback +like lagu kita.Sampe suatu hari kita ditawarin buat ngisi acara di daerah Johar.Dari acara itu kita dapet 400 ribu pertama hehe.

8.Sebenernya kita ngeset grup ini cuma buat have fun,seneng seneng,ga serius.Makanya kita gapernah ikut lomba.Alesan tadi juga kenapa kita gapernah serius pas latihan.Kalimat kayak "Konsisten dong" "Be on time" "Hargai waktu orang lain" yang harusnya bikin latihan jadi serius,malah jadi bahan bercandaan buat kita.

9.Saat ngisi acara di bulan puasa kemarin,kita ganti nama jadi GGI  (Ganteng Ganteng Istighfar).Nama yang berasal dari kalimat guru agama gue (Yang merasa ganteng...Istighfar!) maksudnya buat ngingetin kalo istighfar atau inget Tuhan itu bukan aja pas lagi susah.Tapi juga saat kita lagi seneng/bahagia(yang dianalogikan dengan ganteng).Jargonnya tuh gini

N:Kami dari Ge Ge I !
P:Apaan tuuh??
N:Ganteng ganteng istighfar
P:Ya kelleuws(lidah lo harus kepelintir saat ngomong ini)

10.Sekarang kita udah kelas 12.Ceritanya kita berenam mau vakum gitu dari nasyid.Makanya pas kita tampil di acara gebyar ekskul kemarin,kita nganggep kalo itu gigs terakhir kita.Kita ngebawain We will not go down nya Michael Heart sebagai dukungan kita buat Palestina.Gue ngebacain.puisi ditengah lagu itu.Inti puisinya adalah
"Palestina&jalur gaza itu bukan lagi soal agama,tapi soal manusia dan kemanusiaan"

Afila,Alfa Juan

Comments

Popular Posts