Perihal rasa sakit

Waktu kecil, gue adalah seorang anak yang sakit- sakitan. Penyakit asma yang diturunkan dari nyokap gue bertemu dengan anemia membuat kondisi gue gampang banget drop. Apalagi kalo abis ikutan ekskul seharian, pasti besoknya gue harus ngalamin bedrest.

Entah karena males nyari kalimat yang menenangkan atau gimana, tiap kali gue sakit omongan nyokap selalu sama "Kalo sakit berarti tandanya juan bakal tumbuh"

Kalimat tersebut jadi kayak mantra buat gue. Setiap gue sakit asma atau sakit lainnya kayak abis jatoh dari sepeda, kalimat "Berarti tandanya juan bakal tumbuh" gak berhenti diucapin sama nyokap. Dan mantra itu terus terusan gue inget.

Karena sakit-sakitan terus, akhirnya bokap memutuskan untuk memasukkan gue ke sebuah klub Taekwondo. Niatnya biar pernapasan gue terkontrol dan bisa nyembuhin asma gue. Dan setelah seminggu gabung di klub, gue disuruh oleh para Sabeum (panggilan buat pelatih dalam taekwondo) untuk mengadu kaki gue dengan tiang listrik.

Gue ulang, mengadu kaki gue dengan tiang listrik

Gue sempet shock dengernya karena ANJIR GUE BARU SEMINGGU UDAH DISURUH NENDANGIN TIANG LISTRIK. Tapi yaudah gue coba. Dengan badan kurus dan penyakit asma yang mulai kambuh, gue cuma bisa bertahan sekitar 4-5 menit. Setelahnya gue dan temen temen gue yang masih sabuk putih disuruh duduk. Gue duduk ngelurusin kaki dan gue menyadari bahwa tulang kering gue biru semua disertai rasa nyeri yang luar biasa .Celingak celinguk gue liatin temen temen gue, semuanya ngerasaoan hal yang sama kayak gue, malah ada beberapa yang nangis.

Selanjutnya Sabeum gue menjelaskan kenapa harus nendangin tiang listrik,"Biar kaki kalian sakit dan bisa jadi lebih kuat"

Lalu beliau mencontohkan cara nendang yang benar. Wajar aja kaki anak-anak Taekwondo yang senior bisa sekeras biji nangka. Kaki mereka bakal patah, tapi tentu akan pulih dan tumbuh lebih kuat.

Lagi lagi mantra "Sakit berarti bakal tumbuh" gue denger, namun kali ini dengan kalimat yang berbeda.

Beranjak dewasa, rasa sakit yang gue rasain semakin beragam. Dari mulai sakit fisik sampe akhirnya gue kenal sama yg namanya sakit hati. Dan sesuai kalimat nyokap dulu ,gue merasa tumbuh setiap kali gue ngerasain semua rasa sakit tadi.

Tapi bukan cuma tumbuh, gue juga ngerasain yang namanya belajar.

Dari dulu gue punya kebiasaan buat merenung sambil reading the old conversation setiap kali gue putus. Gue bakal mengingat lagi saat-saat pertama kali ketemu, perjalanannya, dan membandingkannya dengan permasalahan yang membuat gue putus. Dengan begitu,gue selalu bisa ngedapetin pembelajaran,seburuk apapun hubungan itu.

Singkatnya, gue mencoba untuk tumbuh dan belajar dari setiap bentuk sakit yang gue rasain.

Semakin kesini,kalimat "Kalo sakit berarti juan bakal tumbuh"semakin jarang diucapkan sama nyokap. Mungkin bagi beliau gak ada gunanya lagi ngucapin penghiburan klise kayak gitu.

Tapi buat gue, kalimat itu bukan sekedar penghiburan,tapi sebuah mantra yang bakalan jadi alarm yang ngingetin gue buat gak takut sama rasa sakit.

Karena nyokap gue benar,sakit itu pertanda tumbuh.

Sekian,
Salam koyo

Comments

Popular Posts